Senin, 30 Januari 2012

Mengenal Komponen Sambungan


Mengenal Komponen Sambungan 
A.    Sambungan
Mengapa kita memerlukan sambungan? Sambungan adalah suatu bentuk usaha rekayasa teknik untuk memenuhi tuntutan teknis berdasar pertimbangan bahan atau pelaksanaan dalam pembuatan. Kemungkinan benda – benda tertentu akan sulit dibuat bila tanpa sambungan. Contohnya, bila kita membuat jembatan rangka baja sepanjang 300 meter. Apa yang mungkin terjadi bila tidak menggunakan sambungan?Kita akan kesulitan memperoleh bahan baja sepanjang 300 meter.
Secara garis besar sambungan difungsikan untuk mengikat suatu konstruksi mesin, baik secara permanen ataupun tidak permanen. Secara sederhana ada beberapa jenis sambungan yang kita kenal, yakni sambungan baut, sambungan keeling, sambungan las dan lainnya.
1.      Sambungan Baut
Sambungan baut adalah salah satu bentuk sambungan tidak permanen. Sambungan ini dapat dilepas atau dirakit kembali sesuai keadaan yang diinginkan.
Dalam konstruksi mesin, baut dapat kita bagi menurut fungsinya sebagai berikut :
a. Baut untuk penjepit
1)      Baut tembus
Baut tembus digunakan untuk mengikat dua elemen atau bagian melalui lubang tembus. Jepitan dapat dieratkan dengan memutar mur sebagai pasangan baut.
2)      Baut tap
Baut ini digunakan untuk menjepit dua bagian elemen mesin. Untuk mengeratkan penjepitan kita dapat memutar kepala baut yang ulirnya ditapkan pada bagian yang lain.
3)      Baut tanam 
      Baut ini tidak memiliki kepala, namun ada ulir dikedua sisinya. Untuk dapat digunakan sebagai pengikat, baut ditanam (ulir) kemudian pengencangan dengan menggunakan mur pengikat.

Gambar A.2. Baut untuk penjepit
   b. Baut yang digunakan untuk hal khusus
1)      Baut fondasi
Baut ini digunakan untuk memasang mesin atau bangunan pada fondasinya. Penggunaan baut ini dengan cara menanamnya pada fondasi beton, kemudian pengencangan pada konstruksi mesin atau bangunan dengan menggunakan mur.
2)      Baut penahan
Baut ini digunakan untuk menahan dua bagian mesin dengan jarak yang tetap.
3)      Baut Kait atau Baut Mata
Baut ini dipasang pada salah satu bagian mesin. Baut kait mudah digunakan pada waktu proses pemindahan mesin.
4)      Baut T
Baut ini digunakan untuk mengikat benda kerja atau lainnya dengan meja. Baut ini dapat digeser secara horizontal. Maksudnya, menyesuaikan dengan kondisi yang dujepit.
5)    Baut Kereta  
       Baut jenis ini banyak digunakan pada pengikatan bodi kendaraan. Dibawah kepala baut terdapat bentuk persegi yang dimasukkan pada elemen yang berlubang dengan bentuk persegi ini bertujuan apabila dikencangkan baut tidak ikutberputar.

  Gambar A.3. Baut untuk penggunaan khusus

  2.      Sekrup
      Sekrup Selain baut yang digunakan sebagai pengikat dengan aplikasi ulir, terdapat pengikat berdimensi kecil, dengan aplikasi ulir untuk jenis beban yang kecil. Pengikatan ini lazim disebut sekrup. Beberapa jenis sekrup dapat dipelajari sebagai berikut :
      a. Sekrup Mesin
 
Gambar A.4. Sekrup Mesin 
      b. Sekrup Penetap
                     Fungsi sekrup ini hampir sama dengan pasak. Sekrup penetap digunakan untuk
                     menetapkan naf pada poros. Karena menerima beban yang cukup besar
                     sementara dimensinya kecil maka ujung sekrup ini dibuat keras. 
 
Gambar A.5. Sekrup Penetap
      c.  Sekrup Pengetap  
       Sekrup jenis bentuknya sama dengan baut pengetap, hanya ukurannya kecil. Walaupun ukurannya kecil, tetapi tingkat kekerasannya tinggi. Hal ini bertujuan agar sewaktu dipasang pada lembaran pelat tipis atau lunak, sekrup dapat masuk dan menembus kedalam.
3.      Mur
Pada umumnya mur berbentuk segi enam. Namun untuk pemakaian yang beragam dibualah berbagai macam bentuk kepala mur, diantaranya :
a)      Mur lingkaran
b)      Mur Flens
c)      Mur Tutup
d)     Mur Mahkota
e) Mur kupu – kupu 

                                                                                             Gambar A.6. Macam – Macam Mur


 


2 komentar:

  1. Assalamualaikum Pak Darmaji,

    Saya mau Copy postingan bapak untuk tugas makalah DTKR tentang Macam2 sambungan

    Terima Kasih pak atas materinya

    BalasHapus

  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus